Azani, Nurul Rizki (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111057_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1133111057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 1133111057_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1133111057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
5. NIM. 1133111057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 1133111057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1133111057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133111057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1133111057_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1133111057_BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 1133111057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan model Cooperative Script dalam meningkatkan kreativitas belajar
siswa dalam pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat bangun datar di kelas V
SD Negeri 101774 Sampali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan
kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101774
Sampali yang berjumlah 36 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah
format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan soal tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data
kuantitatif .
Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan siklus I dengan
menggunakan model Cooperative Script dari hasil observasi pada pertemuan
pertama siklus I sebanyak 75% siswa kreativitas belajarnya rendah, 25% siswa
kreativitas belajarnya sedang, dan 0% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Pada
pertemuan kedua siklus I sebanyak 53% siswa kreativitas belajarnya rendah, 47%
siswa kreativitas belajarnya sedang, dan 0% siswa kreativitas belajarnya tinggi.
Namun hingga pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan kreativitas belajar
siswa, dimana terdapat 47% siswa yang kreativitas belajarnya tergolong sedang.
Secara klasikal atau kelas peningkatan kreativitas siswa selama proses
pembelajaran masih belum optimal karena masih kurang dari 75% dari indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan.
Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II dengan tetap
menggunakan model pembelajaran Cooperative Script, dari hasil pertemuan
pertama siklus II sebanyak 31% siswa kreativitas belajarnya rendah, 55% siswa
kreativitas belajarnya sedang, dan 14% siswa kreativitas belajarnya tinggi. Hingga
pertemuan kedua siklus II kreativitas siswa meningkat di mana dari hasil
observasi terdapat 20% siswa kreativitas belajarnya rendah, 58% siswa kreativitas
belajarnya sedang, dan 22% siswa kreativitas belajarnya tinggi.
Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, terdapat 80% siswa
telah tergolong kreatif (22% tergolong tinggi dan 58% tergolong sedang). Secara
klasikal atau kelas peningkatan kreativitas siswa selama proses pembelajaran
sudah optimal karena telah lebih dari 75% dari indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas V
pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 70% (baik), pada siklus I
pertemuan II meningkat menjadi 80% (baik), pada siklus II pertemuan I
meningkat menjadi 85% (sangat baik), dan pada siklus II pertemuan II meningkat
menjadi 90% (sangat baik). Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kreativitas siswa
dalam pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri
101774 Sampali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 224 |
Keywords: | Kreativitas Belajar, Cooperative Script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25787 |