Tarigan, Agus Irwanta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN CHANGING PARTNER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 TIGABINANGA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142003 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7133142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (782kB) | Preview
3. NIM 7133142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 7133142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM 7133142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7133142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7133142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7133142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7133142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM 7133142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7133142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Changing Partner siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tigabinanga Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigabinanga yang berlokasi di Jalan Kotacane Tigabinanga pada tahun pembelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 140 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPS sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPS 2 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 25 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test 37,47 dan post-test 79,20 dengan standar deviasi 9,36 dan 11,76. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test 34,93 dan post-test 71,87 dengan standar deviasi 8,53 dan 9,37. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,675, dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,675>1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran problem posing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran changing partner pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tigabinangan Tahun Pembrlajaran 2016//2017 pada pokok bahasan bahasan laporan keuangan perusahaan jasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 085 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing ; Changing Partner ; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25780 |