simanullang, Basaria (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINANA BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PASA SISWA KELAS XI SMK INDONESIA MEMBANGUN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 6131111021 Cover.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2 Nim 6131111021 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
3 Nim 6131111021 Abstract.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4 Nim 6131111021 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5 Nim 6131111021 Table of Content.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 Nim 6131111021 Illustration.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6 Nim 6131111021 Illustration.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7 Nim 6131111021 Appendices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 Nim 6131111021 Table.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Nim 6131111021 Chapter I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13 Nim 6131111021 Chapter V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 Nim 6131111021 References.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar passing bawah melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan audio visual pada siswa kelas XI SMK 2 YAPIM Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 YAPIM Medan Tahun Ajaran 2016/2017. penelitian dilaksanakan pada bulan April. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 2 YAPIM Medan Tahun Ajaran 2016/2017, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Adm SMK 2 YAPIM Medan yang terdiri dari 38 siswa,dengan rincian wanita 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing bawah bola voli sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual (pre-test) diperoleh 16 siswa (42,10%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 22 siswa (57,90%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 65,56%. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunaka media audio visual. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual di siklus I diperoleh 24 siswa (63,15%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (36,85%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 71,05%. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 34 siswa (89,47%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (10,53%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,97%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan 22,23% dari siklus Ike siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan media audio visual dapat meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa kelas XI Adm SMK 2 YAPIM Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 075 |
Keywords: | Hasil belajar; Media audio visual; Bola voli; Permainan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:23 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25774 |