Nurhidayah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146122031 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM 8146122031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM 8146122031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM 8146122031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 8146122031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM 8146122031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 8146122031 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 8146122031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
12. NIM 8146122031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM 8146122031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Seiring majunya perkembangan dunia pendidikan, semakin banyak pula metode serta media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar dalam pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Media pembelajaran interaktif berbasis CTL ini mengembangkan materi Hope and Dream dengan subjek penelitian pada SMA Negeri 20 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket tanggapan, lembar observasi, angket pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian pengembangan media melalui beberapa tahap yaitu tahapan defenisi dilakukan wawancara analisis kebutuhan dan masalah yang ada pada lokasi penelitian pengembangan. Tahap kedua dilakukan perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangakan. Tahap terakhir adalah tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media yang dikembangakan kemudian diuji cobakan terhadap siswa skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa media interaktif berbasis CTL layak digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 4.48 dengan tingkat persentase kelayakan 89.58% dengan kategori “Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 4.27 dengan tingkat persentase kelayakan 85.36% dengan kategori “Layak”, ahli desain pembelajaran 3.78 dengan tingkat persentase kelayakan 75.56% dengan kategori “Layak” serta pendapat siswa pada uji skala kecil 3.64 dengan tingkat persentase kelayakan 74.67% dengan kategori “Layak” selanjutnya uji skala besar 3.65 dengan tingkat persentase kelayakan 75.12 % dengan kategori “Layak”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.652 Nur p |
Keywords: | Hasil belajar; Bahasa inggris; Media pembelajaran; Multimedia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:17 |
Last Modified: | 18 Aug 2017 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25743 |