Sari, Ratri Kumala (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 101799 DELITUA TIMUR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311058_COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM. 1133311058_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 1133311058_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 1133311058_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1133311058_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1133311058_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1133311058_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133311058_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133311058_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 1133311058_BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 1133311058_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA materi energy panas. Guru hanya menggunakan model
ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa
menemukan kesulitan untuk memahami pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran word square dalam pelajaran IPA materi energi panas .
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 101799 Delitua Timur
Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan jumlah siswa 22 orang, yang terdiri dari 12
orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan
sesuai dengan jadwal pelajaran IPA di kelas tersebut.
Hasil penelitian jumlah siswa 22 dengan menggunakan lembar observasi
dapat di deskripsikan bahwa pada kondisi awal masih rendah dengan skor rata –
rata 12 orang siswa kategori rendah dengan persentasi (54,54%) yang memiliki
motivasi kurang, 8 orang siswa (36,37%) yang memiliki motivasi cukup dan
hanya 2 orang siswa (9,09%) yang memiliki motivasi baik. Selanjutnya diberi
tindakan pada siklus I yaitu dengan menggunakan model pembelajaran word
square hasilnya terdapat 5 orang siswa (22,72%) yang memiliki motivasi cukup,
15 orang siswa (68,18%) yang memiliki motivasi belajarnya baik dan hanya 2
siswa (9,10%) motivasi belajarnya sangat tinggi. Selanjutnya pada siklus II
dengan menggunakan model pembelajaran Word Square rata-rata siswa mencapai
skor rata-rata 80,86 dengan kategori tinggi. Dimana terdapat 16 orang siswa
(72,73%) dengan motivasi belajarnya baik dan 5 orang siswa (22,73%) dengan
motivasi belajar sangat tinggi dan hanya 1 siswa (4,54%) motivasi belajar cukup.
Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajran Word
Square pada mata pelajaran IPA materi pokok energi panas dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa di kelas IV-B SD Negeri 101799 Delitua Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 228 |
Keywords: | motivasi belajar, model pembelajaran word square |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2017 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25707 |