Zainuddin KONSEP SEMANTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. Jurnal Tabularasa. pp. 13-20. ISSN 1693-7732
Zainuddin.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
Abstract
Konsep sematik dalam pembelajaran bahasa merupakan integritas yang mengacu pada pemahaman makna bahasa.Sematik sebagai cabang kajian linguistik mengacu pada serangkaian kaedah (a set of rules). Pembelajaran (learning) a language berorientasi pada kaedah-kaedah tata bahasa. Sematik dalam kajian linguistik bersifat sentral karena dapat menganalisis makna atau arti bahasa melalui kata, frasa, klausa dan kalimat.Latar belakang teoristik dan pendekatan yang menjadi dasar pengkajian bidang ini adalah teori yang dikembangkan oleh Ferdinand de Saussure (1966) yaitu signified (yang diartikan) dan signifier (yang mengartikan) : konsep sematik yang dirancang dalam pembelajaran bahasa yaitu suatu model yang dikembangkan oleh Hatsh dan Brown (1995:64) yaitu model hubungan sematik( relational models in sematics), dan konsep sematik primitif(sematic primitives) oleh Wierzbicka (1996).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Semantik; Pembelajaran; Bahasa |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 10:30 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/257 |