KONSEP SEMANTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Zainuddin KONSEP SEMANTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. Jurnal Tabularasa. pp. 13-20. ISSN 1693-7732

[thumbnail of Zainuddin.pdf]
Preview
Text
Zainuddin.pdf - Published Version

Download (842kB) | Preview

Abstract

Konsep sematik dalam pembelajaran bahasa merupakan integritas yang mengacu pada pemahaman makna bahasa.Sematik sebagai cabang kajian linguistik mengacu pada serangkaian kaedah (a set of rules). Pembelajaran (learning) a language berorientasi pada kaedah-kaedah tata bahasa. Sematik dalam kajian linguistik bersifat sentral karena dapat menganalisis makna atau arti bahasa melalui kata, frasa, klausa dan kalimat.Latar belakang teoristik dan pendekatan yang menjadi dasar pengkajian bidang ini adalah teori yang dikembangkan oleh Ferdinand de Saussure (1966) yaitu signified (yang diartikan) dan signifier (yang mengartikan) : konsep sematik yang dirancang dalam pembelajaran bahasa yaitu suatu model yang dikembangkan oleh Hatsh dan Brown (1995:64) yaitu model hubungan sematik( relational models in sematics), dan konsep sematik primitif(sematic primitives) oleh Wierzbicka (1996).

Item Type: Article
Keywords: Semantik; Pembelajaran; Bahasa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Mar 2016 10:30
Last Modified: 08 Apr 2016 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item