PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Wardana, Irfandi (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 7133341047 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1. 7133341047 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. 7133341047 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. 7133341047 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of 3. 7133341047 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. 7133341047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 4.  7133341047  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 7133341047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4.  7133341047  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 7133341047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7133341047   DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 7133341047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 6. 7133341047  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 7133341047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 7. 7133341047 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 7133341047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7133341047  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 7133341047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. 7133341047   BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. 7133341047 BAB 1.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 13.  7133341047 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 7133341047 BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 14. 7133341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 7133341047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara komunikasi interpersonal wali kelas dan interaksi edukatif terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Darussalam Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Darussalam Medan
yang beralamat di Jl. Darussalam No. 26 ABC Medan Petisah. Jenis penelitian ini
adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Darussalam Medan yang berjumlah 166 orang. Sampel penelitian ini adalah 25% dari
seluruh siswa kelas VIII SMP Darussalam Medan yang berjumlah 41 orang yang
diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket.
Uji validitas untuk butir angket menggunakan rumus product moment dan uji
realibilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Untuk menganalisis data penulis
menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan
rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi ( R2 ).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis
secara linear Y=46,376+0,502 X 1+0,190 X 2 . Hasil analisis uji t untuk variabel
komunikasi interpersonal (X1) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,967 > 1,682) dengan
nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan
demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan
signifikan antara komunikasi interpersonal (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk
variabel interaksi edukatif (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 1,973 dengan nilai
signifikan sebesar 0,00. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,682. Maka dari hasil tersebut
kita dapat melihat bahwa nilai thitung > ttabel (1,973 > 1,682) dengan nilai
signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian,
maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara
interaksi edukatif (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa
FHitung>FTabel (8,675 > 2,83) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α
< 0,05 (0,00 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan interaksi
edukatif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP
Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 111
Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL, INTERAKSI EDUKATIF, PRESTASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:39
Last Modified: 30 Aug 2017 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item
View Item