Aminuriah (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 STABAT KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
NIM 045020268 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
NIM 045020268 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
NIM 045020268 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM 045020268 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
NIM 045020268 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 045020268 BAB I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
NIM 045020268 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
NIM 045020268 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar mAtethatikasiswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran algoritmik dan konvensional. (2)perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki daya kreativitas tinggidan siswa yang memiliki daya kreativitas rendah, seita (3) interaksi antara strategipembelajaran dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri I Kecamatan Stabat, menggunakan metode kuasieksperimen dengan desain faktorial 2x2, di mana populasi penelitian ini berjumlah 280siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa yang diperoleh denganmenggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen penelitian hasil belajar matematika menggunakan tes berbentuk pilihanganda dengan 4 pilihan jawaban berjumlah 30 butir dan memiliki reliabilitas 0,816menggunakan uji KR-20. Untuk menjaring data kreativitas siswa digunakan tes kreativitasfigural dan verbal, dan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,688 menggunakan rumusAlpha.Teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifticansd a = 5%.Pengujian hipotesis anava 2 x 2 menunjukkan bahwa : (1) secara keseluruhan terdapatperbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunalan strategipembelajaran algoritmik dengan siswa yang diajar menggunakan strategi po:nbelajarankonvensional (Fe = 137,69 > F(0.95; 1,59) = 4.003); (2) secara keseluruhan terdapatperbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dati siswa yangmemiliki kreativitas rendah (Fr = 22,27> F (0.95; 1,59) = 4.003); (3) terdapat antara strategi pembelajaran dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar matematika (Frc = 15,26 > F (0.95; 1•59) = 4.02). Dengan uji lanjut menggunakan uji Scheffe dibuktikan bahwa siswa yang memiliki kreativitas tinggi jika diajar menggunakan strategipembelajaran Algoritmik akan memperoleh hasil belajar matunatika yang lebih baik daripada menggunakan strategi pembelajaran Kovensional. Seclangkan uiltuk siswa yangmemiliki kreativitas rendah memperoleh hasil belajar matematika yang lebih baik jikadiajar menggunakan strategi pembelajaran Konvensional Bari p da menggunakan strategipembelajaran Algoritniik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ami p |
Keywords: | Kreativitas Siswa; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2568 |