Syaza, Amirah (2017) PENGARUH KEGIATAN BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI R.A NURAISYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133113032_COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 1133113032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1133113032_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 1133113032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 1133113032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 1133113032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. NIM. 1133113032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 1133113032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM. 1133113032_BAB I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 1133113032_BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 1133113032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah jarangnya guru menggunakan media gambar pada kegiatan bercerita untuk mengembangkan bahasa anak, sebagian anak perkembangan bahasanya belum berkembang dengan baik, sebagian anak kurang mampu mengulang cerita yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media gambar lepas di R.A Nuraisyah Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa R.A Nuraisyah Medan yang berusia 5-6 tahun berjumlah 40 orang anak, terdiri dari 2 kelas yakni kelas yang melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan media gambar lepas berjumlah 20 orang dan kelas yang melakukan kegiatan bercerita secara langsung berjumlah 20 orang
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu dengan memilih sampel secara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang sama, dilihat dari segi usia yaitu masing – masing memiliki usia 5-6 tahun, selain dilihat dari usia juga dilihat dari perkembangan anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penelitian non tes yaitu observasi terstuktur tentang perkembangan bahasa anak dengan melihat ciri – ciri pada prilaku anak. Instrument penelitian ini menggunakan panduan observasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan uji-t dengan taraf nyata α= 0,05
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh nilai rata-rata pada kelas yang melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan media gambar lepas (14,85) dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 13. Sedangkan nilai rata-rata di kelas yang melakukan kegiatan bercerita secara langsung (9,85) dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak pada kelas yang melakukan kegiatan bercerita dengan menggunakan media gambar lepas lebih baik dari pada kelas yang melakukan kegiatan bercerita secara langsung. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel , yaitu (5,376 > 1,701) pada taraf α= 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar lepas terhadap perkembangan bahasa anak melalui kegiatan bercerita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 072 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 09:09 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25661 |