Nuraina (2007) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.
1. 045020278 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
2. 045020278 Abstrak.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. 045020278 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. 045020278 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. 045020278 Bab V.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
6. 045020278 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif terhadap hash belajar Matematika, gaya belajar terhadap hasil belajarmatematika, dan iteraksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasilbelajar matematika siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitianini berjumlah 240 orang yang berasal dari 6 kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara.Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakancluster sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian yangdiberikan tes gaya belajar untuk membedakan jenis gaya belajar yang dimiliki olehsiswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebihdahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yangdiperoleh dari 48 soal yang diujikan sebanyak 40 soal saja yang memenuhi persyaratan.Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untukmenyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesispenelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahuludilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan Liliefors dan ujihomogenitas varians dengan uji Bartlet.Hash pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh modelpembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 42,43> Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (1,74). Ini berarti terdapatpengaruh model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap hasil belajarmatematika. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 124,49 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikanα= 0,05 dengan dk = (2,74), dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 41,22 > Ftabel = 3,12 pada taraf signifikan α= 0,05 dengan dk = (2,74).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Nur p |
Keywords: | Gaya Belajar; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2016 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2565 |