PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MEMBACA DARI SISWA SMA NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN ASAHAN

Rahayu, Sri (2007) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MEMBACA DARI SISWA SMA NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020320 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020320 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (753kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020320 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045020320 Abstrak.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045020320 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020320 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (959kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020320 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020320 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020320 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020320 Bab V.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020320 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020320 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh yang berbeda darimetode pembelajaran inkuiri dan ekspositori terhadap hash belajar Bahasa Inggrisdari siswa SMA Negeri I Air Putih Kabupaten Asahan, dan tinggi rendahnyakreativitas membaca memberi pengaruh yang berbeda terhadap hash belajarbahasa inggris dari siswa SMA Negeri I Air putih Kabupaten Asahan, serta untukmengetahui interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas siswaterhadap hasil belajar Bahasa Inggris dari siswa SMA Negeri I Kabupaten AsahanPenelitian ini dilakukan pada peserta didik terhadap hasil belajar BahasaInggris dari siswa SMA Negeri I Air Putih Kabupaten Asahan semester gasaltahun ajaran 2005/2006, populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Iyang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan denganCluster Random Sampling Cluster Random Sampling berdasarkan kreativitastinggi dan rendah, sehingga sampel penelitian mill pada perlakuan pembelajaranmasing masing terdiri 40 orang sehingga sampel berjumlah 80 orang . Metodepenelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (Two Way Anava.fsictorial 2x2) dengan taral signitikansi α = (),05 dengan menggunakan Uji-Fyang dilanjutkan dengan uji Tuekey.Temuan penelitian menunjukkan (I) Terdapat perbedaan hasil belajarBahasa Inggris peserta didik antara metode pembelajaran Inkuiri (MI) denganmetode pembelajaran ckspositoril (ME) pada taraf kepercayaan α = 0,05 denganFh, (4,4 l ) > Ft (394 ). Dengan menggunakan Uji Tukey diperoleh Qhitung (6,85) >Qtabel (3.79) maka secant kescluruhan peserta didik siswa SMA Negeri 1 Air Putih Kabupaten Asahan yang inengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran inkuiri (MI) mernperoleh hash; belajar Bahasa Inggris lebih balk dibandingkan dengan pcserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Pembelajaran ekspositori (Mk) (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris antara peserta didik dengan kreativitas membaca tinggi (KT) dibandingkan dengan kreativitas membaca rcndah (KR) pada taral kepercayaan α= 0,05 dengan Fh(49,39) > F1, (3,94), dengan menggunakanUji Tukey didapat Fhitung (22,89) >Ftabel (3,96)) sehingga disimpulkan bahwa siswa SMA Negeri I Air Putih Kabupaten Asahan yang memiliki kreativitas membaca tinggi (KT) lebih baik hasil belajar Bahasa Inggris dibandingkan dengan siswa yang mempunyaikreativitas menibaea rendali (KR), (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajatan (P) dan kreativitas membaca (K) terhadap hash belajar Bahasa Inggris di SMA Negeri I Air Putih Kabupaten Asahan, diperoleh Fh (28,90 ) > Ft (3,94). Dengan kata lain semakin balk suatu metode pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan inateri ajar bahasa inggris, maka semakin tinggi hasil belajar yang dieapai tale peserta didik, atau semakin tinggi kreativitas membaca siswa, maka semakin tinggi hash belajar bahasa inggris yang diperoleh siswa. Interaksi antara pengaruh metodei pembelajaran dan kreativitas membaca siswa akan memberikan efek yang tinggi dalam pcnguasaan materi bahasa inggris yang indikasiny bahwa hasil belajar bahasa inggris dad siswa akan semakin tinggi.Akan tetapi pengaruh metode pembelajaran lebih rendah memberikan pengaruhterhadap peningkatan hasil belajar dihandingkan dengan kreativitas membacasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Sri p
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Membaca; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 Jun 2016 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item
View Item