Sulaiman (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI,EKSPOSITORI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN SISWA SMA NEGERI 1 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156174033 COVER.PDF - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. 8156174033 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. 8156174033 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. 8156174033 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. 8156174033 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. 8156174033 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (44kB) | Preview
7. 8156174033 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 8156174033 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. 8156174033 BAB I.PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. 8156174033 BAB V.PDF - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. 8156174033 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (2) Pengaruh gaya belajar kinestetik, auditori dan visual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (3) Interaksi antara model belajar dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan berjumlah 235 siswa terdiri dari VI kelas. sampel yang digunakan kelas XI2 perlakuan model inkuiri dan kelas XI4 model ekspositori. Instrument pengumpulan data keterampilan proses sains berbentuk tes uraian sebanyak 20 soal, hasil belajar berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 24 soal dan gaya belajar terdiri dari 30 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varians dua jalur (ANAVA 2 x 3) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) KPS nilai Fhitung = 7,87 > Ftabel = 3,97 dan hasil belajar nilai Fhitung = 5,8 > Ftabel = 3,97 menolak Ho dan rata-rata nilai model inkuiri keterampilan proses sains ( = 45,4) dan hasil belajar ( = 65,83) sedangkan model ekspositori keterampilan proses sains ( = 43,7) dan hasil belajar ( = 60,57), dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri dan pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (2) keterampilan proses sains nilai Fhitung = 12,1 > Ftabel = 3,12 dan hasil belajar nilai Fhitung = 3,3 > Ftabel = 3,12 menolak Ho dan rata-rata KPS siswa gaya belajar kinestetis ( = 48,1) lebih tinggi dari auditori ( = 47,8) juga visual ( = 38,2), dan rata-rata hasil belajar gaya belajar kinestetis ( = 64,33) lebih tinggi dari auditori ( = 60,57) juga visual ( = 61,30), dapat disimpulkan ada pengaruh gaya belajar kinestetik, auditori dan visual terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa; (3) keterampilan proses sains nilai Fhitung = 6,39 > Ftabel = 3,12, untuk hasil belajar diketahui nilai Fhitung = 8,9 > Ftabel = 3,12 maka Ho ditolak, dapat disimpulkan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.207 12 Sul p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Gaya Belajar; Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 09:33 |
Last Modified: | 16 Aug 2017 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25637 |