Andriani, Bela (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN SAINS DIKELAS V SDN 106205 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111011 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 1133111011 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
3. NIM. 1133111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4. NIM. 1133111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 1133111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 1133111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 1133111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 1133111011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. NIM. 1133111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 1133111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1133111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas dan masih menggunakan metode belajar konvensional, hasil belajar siswa masih rendah disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami teori serta mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode (Think Pair Share) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi gaya dikelas V SDN 106205 Pasar Baru. Maka untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode pembelajaran (Think Pair Share) yang terdiri dari beberapa tahap, a) persiapan, b) pembentukan kelompok, c) pengajuan pertanyaan, d) diskusi masalah, e) tiap kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas, dan f) guru memberi kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SDN 106205 Pasar Baru dengan jumlah siswa 20 orang, perempuan sebanyak 11 dan laki-laki 9 orang. Adapun jenis penelitianinia dalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 14 siswa (70%) yang belum tuntas belajar, 6 orang (30%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 8 siswa (40%) yang belum tuntas belajar, `12 siswa (60%) yang tuntas belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 17 siswa (85%) yang tuntas belajar, 3 siswa (15%) yang belum tuntas belajar. Maka, kesimpulannya adalah metode pembelajaran (Think Pair Share) merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk befikir tingkat tinggi, sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 204 |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 14:59 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25627 |