Sonia Impian Musti Ulina, Simanjuntak (2017) PENERAPAN PRINSIP PEMBELAJARAN ANDRAGOGI OLEH TUTOR DALAM PROGRAM BIMBINGAN SOSIAL DI UPT PELAYANAN SOSIAL TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131171028_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1131171028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 1131171028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 1131171028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 1131171028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1131171028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1131171028_BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
11. NIM. 1131171028_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
12. NIM. 1131171028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : Penerapan prinsip pembelajaran
andragogi oleh tutor dalam program bimbingan sosial. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip pembelajaran andragogi oleh
tutor di UPT. Pelayanan sosial tanjung morawa kabupaten deli serdang sumatera
utara.
Adapun teori yang mendukung dalam penelitian ini ialah menurut
Knowles 1970 dalam Yusnadi (2015:2) “Andragogi berasal dari bahasa Yunani
yaitu andr yang berarti orang dewasa dan agogos yang berarti memimpin atau
membimbing. Maka dengan demikian, andragogi dirumuskan sebagai suatu ilmu
dan seni dalam membantu orang dewasa belajar”.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 20% dari populasi yaitu sebanyak
26 orang warga binaan. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis
menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus P =
.
Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan prinsip pembelajaran
andragogy yang dilakukan tutor untuk menyatakan bahwa sebanyak 55,9%
penerapan prinsip pembelajaran berdasarkan prinsip latihan, sebanyak 33,5%
penerapan pembelajaran berdasarkan prinsip pengalaman, sebanyak 41,4%
penerapan prinsip pembelajaran berdasarkan prinsip akibat atau dampak,
sebanyak 40,3% penerapan pembelajaran berdasarkan prinsip kesiapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 053 |
Keywords: | Penerapan Pembelajaran Andragogi; Bimbingan sosial |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:14 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25580 |