Pepriko, Hasugian (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141082 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7133141082 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
4. NIM 7133141082 AKCNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 7133141082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 7133141082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
6. NIM 7133141082 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 7133141082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8. NIM 7133141082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
9. NIM 7133141082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM 7133141082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 7133141082 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X ADM SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing siswa SMK Negeri 7 Medan TP. 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADM yang berjumlah 211 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X ADM-5 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X ADM-5 (Eksperimen II) yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dari 30 soal pilhan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test kelas eksperimen I sebesar 72,50 dengan standar deviasi sebesar 8,41. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen II adalah sebesar 62,63 dengan standar deviasi 9,37. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,72 dan ttabel sebesar 1,996. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,72 > 1,996) maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas X ADM SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 050 |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran snowball throwing dan hasil belajar kearsipan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:09 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25571 |