Ahmad Farwis, Nasution (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK YWKA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101121002 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 5101121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
3. NIM. 5101121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 5101121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. NIM. 5101121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 5101121002 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 5101121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 5101121002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM. 5101121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 5101121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 5101121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model PAIKEM
dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada
pembelajaran Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar kelas XI Program
Keahlian Teknik Pemesinan SMK YWKA Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di SMK YWKA Medan Jl. LampuPulo Brayan Bengkel,
Sumatera Utara, Medan. WaktupenelitiandilaksanakanpadabulanJanuari 2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik
pemesinan SMK YWKA Medan sebanyak dua kelas. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK YWKA Medan.
Pemilihandidapat kelas XI Teknik Pemesinan A sebagai kelas eksperimen dan
kelas kontrolkelas XI Teknik Pemesinan B, sehingga sampeldiambil dari
keduakelastersebutdengan jumlah siswa 32 orang. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Control Design.
Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis.Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf
signifikan (α) sebesar 0.05. Uji normalitas posttest Menggunakan Mesin Untuk
Operasi Dasar dengan model PAIKEM diperoleh Lhitung (0.141) < Ltabel(0.156) pada
kategori normal, uji normalitas posttest Menggunakan Mesin Untuk Operasi
Dasar dengan model pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung(0.139) < Ltabel(0.156)
pada ketegori normal. Uji homogenitas posttest kelompok sampel siswa
Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar dari kedua kelas Fhitung(1.61) < Ftabel(1.84)
dimana seluruh varians adalah homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen
dan kelas kontrol pada pembelajaran Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar.
Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji f
dua pihak dimana diperoleh fhitung = 2.892 sedangkan ftabel = 1.671, fhitung> ftabel
berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 067 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 10:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25561 |