KONTRIBUSI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP MORAL SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KOTARIH KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017)

Betty Roslina, Purba (2017) KONTRIBUSI PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP MORAL SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 KOTARIH KELAS X TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kontribusi Pelajaran PKn Berbasis Multikultural Terhadap Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kotarih Tahun Ajaran 2016 / 2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotarih terdiri dari 3 kelas. Dengan jumlah populasi105 orang. Dengan melihat jumlah populasi yang jumlahnya lebih dari 100 orang maka penulis mengambil Sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang dari 40% jumlah populasi yang diambil secara acak. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dilakukan observasi Kemudian dilakukan penyebaran angket dan melakukan wawancara. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa Kontribusi yang diberikan pelajaran PKn berbasis multikultural melalui guru PKn berperan besar dalam membentuk moral siswa dengan melakukan pendekatan multikultural yaitu mengajarkan sikap saling menghormati (toleransi), memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang multikultural, menanamkan Bhineka Tunggal Ika, memberikan pendekatan, motivasi dan masukan untuk saling menghormati, peduli, tolong menolong, menghargai pendapat orang lain, mengerjakan tugas, berdoa sebelum belajar yang dilakukan saat pembelajaran dan diwujudnyatakan disekolah melalui OSIS dan didalam kehidpan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 063
Keywords: Pelajaran Pkn berbasis Multikultural, Moral Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:59
Last Modified: 11 Aug 2017 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25558

Actions (login required)

View Item
View Item