PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN T.P/2016/2017

Handayani, Fitri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN T.P/2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4131121014 FITRI HANDAYANI COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4131121014 FITRI HANDAYANI COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4131121014 FITRI HANDAYANI LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4131121014 FITRI HANDAYANI LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4131121014 FITRI HANDAYANI ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 4131121014 FITRI HANDAYANI ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4131121014 FITRI HANDAYANI KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 4131121014 FITRI HANDAYANI KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4131121014 FITRI HANDAYANI BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 4131121014 FITRI HANDAYANI BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4131121014 FITRI HANDAYANI BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4131121014 FITRI HANDAYANI BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4131121014 FITRI HANDAYANI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional, serta mengetahui aktivitas belajar siswa dan pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI MS1 dan kelas kontrol XI MS2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil pretest kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan sebesar 25,33 dan kelas kontrol 24,00, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1523 < 0,1610) sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal dan Fhitung < F ( 1,02 < 1,86) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen. Kedua kelas yang diberi perlakuan berbeda, hasil postest kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 72,50 dan kelas kontrol sebesar 64,00. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh Ha diterima, Ho ditolak sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 067
Keywords: Discovery Learning; Hasil belajar; Konvensional; Fluida dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:52
Last Modified: 10 Aug 2017 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item
View Item