Putri, Ihdi Shabrona (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Cover.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Abstrak.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. 4131121018 Ihdi Shabrona Putri Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MS2 dan kelas kontrol X MS3 yang berjumlah masing-masing 30 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 20 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 34,5 dan 33,5, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,0961 < 0,161) untuk kelas eksperimen dan 0,0815 < 0,1610 untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < F (1,27 < 1,94) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postest kelas eksperimen adalah 73,16 dan kelas kontrol 69,66. Rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 64,92 tergolong aktif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,42 dan ttabel = 1,68 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 068 |
Keywords: | Quasi Eksperiment; Discovery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:52 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25531 |