Simanungkalit, Jessyca Delima (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7133141042 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2.NIM 7133141042 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3.NIM 7133141042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4.NIM 7133141042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5.NIM 7133141042 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6.NIM 7133141042 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7.NIM 7133141042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.NIM 7133141042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9.NIM 7133141042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13.NIM 7133141042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
14.NIM 7133141042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas X SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Model Pembelajaran Picture And Picture pada siswa Kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan yang beralamat di Jln. Letjend. Jamin Ginting KM 13,5, Medan Tuntungan, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 76 orang. sampel yang digunakan, kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 38 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t > t pada α = 0,05
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest = 29,47; SD = 9,78 dan postes = 62,23; SD = 20,94. Sedangkan kelas eksperimen 2 pretes = 35.78; SD = 12,97 dan postest adalah = 51,05; SD = 14,29. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,740 sedangkan ttabel = 1,665. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,740 > 1,665 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan Picture And Picture pada siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 023 |
Keywords: | Model pembelajaran example non examples; Model pembelajaran picture and picture; Hasil belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:52 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25523 |