Shar, fina (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA KELAS V SDN 060910 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311070_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1123311070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 1123311070_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1123311070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 1123311070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 1123311070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 1123311070_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1123311070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1123311070_BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
13. NIM. 1123311070_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1123311070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah motivasi belajar
PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Time Token pada materi
pokok upaya menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia kelas V di
SDN 060910 Medan Denai Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi berupa check-list motivasi belajar siswa dan
dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V
dan objeknya yaitu model pembelajaran time token.
Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui
bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh hanya 1 orang yang termotivasi dengan
persentase 3,57% dan sebanyak 4 orang cukup termotivasi dengan persentase
14,28% serta 23 orang masih belum termotivasi dengan persentase 82,14%. Pada
siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu 4 oorang menjadi telah termotivasi
dengan persentase 14,29% dan 11 orang cukup termotivasi dengan persentase
39,29% selebihnya sebanyak 13 orang belum termotivasi.
Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II pertemuan
I sebanyak 2 orang sangat termotivasi dengan persentase 7,14%, 16 orang telah
termotivasi dengan persentase 57,14% dan 10 orang cukup termotivasi.
Sedangkan pada siklus II pertemuan II sebanyak 6 orang telah sangat termotivasi
dengan persentase 21,43% dan 22 orang termotivasi dengan persentase 78,57%.
Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru unutk
menerapkan model Time Token ketika proses pembelajaran berlangsung agar
siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan
pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.
Maka dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan motivasi belajar siswa
pada pokok bahasan upaya menjaga keutuhan NKRI dengan menggunakan model
time token di SD Negeri 060910 Kec.Medan Denai telah mengalami perubahan
dan peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan penerapan model ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 232 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:31 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25503 |