UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA KELAS V SDN 060910 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Shar, fina (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN DENGAN MODEL TIME TOKEN PADA KELAS V SDN 060910 MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123311070_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123311070_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123311070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123311070_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123311070_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123311070_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123311070_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123311070_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1123311070_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1123311070_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1123311070_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1123311070_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1123311070_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1123311070_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1123311070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1123311070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1123311070_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1123311070_BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1123311070_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1123311070_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123311070_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123311070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah motivasi belajar
PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Time Token pada materi
pokok upaya menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia kelas V di
SDN 060910 Medan Denai Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi berupa check-list motivasi belajar siswa dan
dilakukan dalam dua siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V
dan objeknya yaitu model pembelajaran time token.
Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui
bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh hanya 1 orang yang termotivasi dengan
persentase 3,57% dan sebanyak 4 orang cukup termotivasi dengan persentase
14,28% serta 23 orang masih belum termotivasi dengan persentase 82,14%. Pada
siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu 4 oorang menjadi telah termotivasi
dengan persentase 14,29% dan 11 orang cukup termotivasi dengan persentase
39,29% selebihnya sebanyak 13 orang belum termotivasi.
Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II pertemuan
I sebanyak 2 orang sangat termotivasi dengan persentase 7,14%, 16 orang telah
termotivasi dengan persentase 57,14% dan 10 orang cukup termotivasi.
Sedangkan pada siklus II pertemuan II sebanyak 6 orang telah sangat termotivasi
dengan persentase 21,43% dan 22 orang termotivasi dengan persentase 78,57%.
Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru unutk
menerapkan model Time Token ketika proses pembelajaran berlangsung agar
siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan
pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.
Maka dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan motivasi belajar siswa
pada pokok bahasan upaya menjaga keutuhan NKRI dengan menggunakan model
time token di SD Negeri 060910 Kec.Medan Denai telah mengalami perubahan
dan peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan penerapan model ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 232
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:31
Last Modified: 10 Aug 2017 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item
View Item