Munthe, Yanti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI13 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3. ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. REFERENCE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas X yang di ajarkan dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional di SMA Negeri 13 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan dengan populasi yang terdiri dari dua kelas X, secara keseluruhan yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, yaitu kelas X Mis 3 berjmlah 30 siswa dan sebagai kelas kontrol, kelas X MIS 4 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa berbentuk pilihan berganda yang sudah baku yang dikutip dari buku teks sehingga validitas dan reabilitas telah teruji. Hasil analisis data merupakan nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen = 79,83 dengan SD = 7,25 dan nilai rata-rata post test siswa kelas kontrol = 66,33 dengan SD = 6,93. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh t_(hitung ) sebesar 9,04 sedangkan t_(tabel )sebesar 1,67 pada taraf α = 0,05 dan dk = 58 dengan demikian t_(hitung )>t_(tabel )yaitu 9,04>1,67, berarti hipotesis alternatif atau Ha diterima dan Ho ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan berdasarkan hasil perhitungan diatas bahwa ada pengaruh hasil belajar ekonomi siswa kelas X yang diajarkan dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan metode konvensional di SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 022 |
Keywords: | Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR); Hasil belajar ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:14 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25458 |