Sinambela, Gloria (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN BENZENA DAN TURUNANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131022 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4131131022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM 4131131022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4131131022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 4131131022 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 4131131022 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 4131131022 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 4131131022 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 4131131022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4131131022 CHAPTER IV.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM 4131131022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar yang disusun pada materi benzena dan turunannya telah memenuhi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan standar BSNP; serta hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada materi benzena dan turunannya terintegrasi modul lebih tinggi dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi terhadap siswa kelas XII IPA. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XII IPA 1 yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Sampel ditetapkan dengan pruposive sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini diawali dengan menganalisis buku kimia SMA dan pada pokok bahasan benzena dan turunannya. Buku yang telah dianalisis disusunlah dalam bentuk draft modul. Modul yang telah disusun distandarisasi oleh guru kimia dan dosen Kimia Organik sesuai dengan angket BNSP yang meliputi kelayakan isi, kelayakan Bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan. Rata-rata penilaian dosen dan guru terhadap modul adalah 3.63 yang berarti modul valit dan tidak perlu direvisi. Modul yang telah valit diujicobakan kepada siswakelas XII IPA 1 SMA Negeri 3 Tebing-Tinggi. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 41.92 dan setelah pengajaran menggunakan modul benzena dan turunannya berbasis proyek nilai rata-rata posttest siswa menjadi 85.96 sedangkan KKM di sekolah adalah 75 dengan ketuntasan siswa 92%. Hasil belajar siswa tuntas KKM, berarti bahwa modul yang disusun layak digunakan di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 173 |
Keywords: | Modul; BSNP; Project Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:14 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25456 |