Nasution, Elfina Sari (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA DAN KERJA SAMA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156175003 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156175003 AGREEMENT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM 8156175003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM 8156175003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 8156175003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 8156175003 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 8156175003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 8156175003 APENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIIM 8156175003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13. NIM 8156175003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM 8156175003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya Batak dan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika dan kerja sama siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya Batak. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan pengujian terbatas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), buku siswa, buku guru dan instrument kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi optik geometrik dan alat – alat optik. Konteks budaya Batak dimasukkan dalam setiap fase model pembelajaran group investigation dengan pola interaksi dalihan na tolu dalam menyelesaikan masalah, permasalahan pada LKS dan instrument, serta ilustrasi pada buku guru dan buku siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA I SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya Batak telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya Batak meningkat berdasarkan pretes dan postes yang dianalisis dengan uji N-gain pada pertemuan I hingga ke pertemuan III dari kategori rendah ke kategori sedang. Dan terdapat peningkatan kerja sama siswa dengan kategori sedang setelah menerapkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya Batak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Nas p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis budaya batak; Kemampuan pemecahan masalah fisika; Kerja sama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25441 |