Isma, Endah Utari (2017) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PUISI MELAUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SDN 095259 MANDARO KEC.BANDAR MASILAM KAB.SIMALUNGUN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311092_COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 1133311092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 1133311092_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 1133311092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 1133311092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1133311092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133311092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1133311092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1133311092_BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 1133311092_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 1133311092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui terjadinya peningkatan pemahaman membaca puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia berbasis audiovisual di kelas V SD Negeri 095259 Mandaro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 095259 Mandaro Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas yaitu 20 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.
Dari temuan hasil Pre Test (test awal) yang berjumlah 20 siswa, siswa masih memiliki tingkat pemahaman di bawah 65 (<65), siswa yang paham hasil belajarnya yaitu sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 40% dan 12 orang siswa yang belum paham dengan persentase 60%, rata-rata kelas 51,25, sehingga secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (Pre Test) siswa masih tergolong belum tuntas. Dari perolehan hasil pretest, peneliti melanjutkan ke Post Test siklus I. Pada siklus I terdapat 12 orang siswa yang telah tuntas dengan persentase 60% dan 8 orang siswa yang belum paham dengan persentase 40%, rata-rata kelas 69,5. Maka diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi puisi berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test siklus II, pada siklus II sebanyak 18 orang siswa yang telah paham dalam belajar dengan persentase 90% dan terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar dengan persentase 10% dengan nilai rata-rata kelas 82,25. Dari hasil observasi pada pembelajaran guru (Peneliti) di kelas V pada masing pertemuan siklus I mendapatkan nilai 66,66 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi dan pada pertemuan siklus II hasil observasi pada pembelajaran guru terjadi peningkatan menjadi 89,58 dengan kategori baik. Adapun hasil observasi pada kegiatan siswa dari aspek afektif dan psikomotor pada pSiklus I mendapatkan nilai rata-rata kelas 73,625 dengan kategori cukup baik, kemudian setelah dilakukan refleksi pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari aspek afektif dan psikomotor menjadi 83,75 dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia berbasis audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Puisi di kelas V SD Negeri 095295 Mandaro Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 191 |
Keywords: | Membaca; Media pembelajaran; Multimedia; Model pembelajaran; Materi puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25420 |