Harianja, Ronggur Herballih (2017) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN MELALUI GAMES DAN MODIFIKASI BOLA TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111083 COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. NIM 6123111083 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM 6123111083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4. NIM 6123111083 AKCNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 6123111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 6123111083 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 6123111083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 6123111083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 6123111083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 6123111083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM 6123111083 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Onanrunggu ini bertujuan untuk mengetahui penerapan variasi pembelajaran melalui games dan modifikasi bola terhadap hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Onanrunggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan kepada kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Onanrunggu yaitu sebanyak 4 kelas dengan rata-rata jumlah siswa 35 orang. Sampel penelitian diambil satu kelas yang ditentukan dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pretes dan postes. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan variasi pembelajaran melalui games dan modifikasi bola dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 14 > 2,34 pada taraf α = 0,05. Rata rata pretes hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 diperoleh sebesar 6,25 sedangkan rata rata postes hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 sebesar 9,78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 meningkat sebesar 29,41%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 091 |
Keywords: | Variasi Pembelajaran; Modifikasi Bola; Passing Atas; Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 11:08 |
Last Modified: | 17 Apr 2018 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25396 |