Rahmadhina, Alifa Suri (2017) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENGURANGI DAMPAK BROKEN HOME PADA MAHASISWA DI PPB/FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133351003_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1133351003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 1133351003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 1133351003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 1133351003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 1133351003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 1133351003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 1133351003_BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
12. NIM. 1133351003_BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
13. NIM. 1133351003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penggunaan Media Audio Visual Untuk Mengurangi Dampak Broken Home Pada Mahasiswa di PPB FIP Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Pelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi dampak broken home pada mahasiswa di PPB FIP Universitas Negeri Medan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah 1) Terjadinya perubahan negatif pada diri mahasiswa setelah keluarganya mengalami broken home; 2) Kurangnya penanganan terhadap mahasiswa tersebut; 3) Mahasiswa lebih tertarik pada visualisasi yang menarik daripada percakapan tatap muka; 4) Mahasiswa yang mengalami broken home merasa hidupnya tidak bermana; 5) Banyaknya mahasiswa yang mengalami broken home yang mencari kasih sayang atau kesenangan diluar rumah; 6) Menurunnya nilai akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa broken home di PPB FIP Universitas Negeri Medan dan 27 mahasiswa konselor sebaya Universitas Negeri Medan. Design penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis dan MC Taggart yang mempunyai 2 siklus, setiap siklus mempunyai 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi setelah keempat tahapan dilakukan peneliti melakukan evaluasi di setiap siklus. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi video, lembar observasi materi video, lembar observasi sikap, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan dari penelitian menggunakan media audio visual pada tes awal (pre-test) diketahui bahwa hanya 1 (3%) mahasiswa yang berada di ketegori sedang dengan nilai 48. Pada siklus I diperoleh 11 (37%) mahasiswa berada dikategori sedang yang menurun dampak broken home pada dirinya. Dan pada siklus II diperoleh 25 (83%) mahasiswa berada dikategori baik, dan dampak broken home sudah menurun dampak broken home pada dirinya. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual untuk mengurangi dampak broken home pada mahasiswa broken home diharapkan berkurang dampak dari broken home yang dialaminya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BK 032 |
Keywords: | Media audio visual; Broken home; Pengurangan dampak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 11:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25372 |