Yuliani, Intan (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 11 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146172074 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8146172074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. NIM 8146172074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8146172074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8146172074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 8146172074 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM 8146172074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146172074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
12. NIM 8146172074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 8146172074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMPN 11 Langsa. Sub tujuan untuk mengukur keefektifan adalah (a) mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah,(b) mendeskripsikan pencapaian persentase waktu ideal aktifitas siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah,(c) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah, (d) mendeskripsikan respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan bahan ajar berorientasi pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Ujicoba I dilakukan pada siswa kelas IX.3 dan ujicoba II di kelas IX.4 SMP Negeri 11 Langsa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket respon siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah. Bahan ajar yang dikembangkan RPP, buku siswa, dan LKS. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Bahan ajar yang dikembangkan valid. Nilai validasi RPP sebesar 4,63, buku siswa sebesar 4,67, LKS sebesar 4,75. Tingkat kesepakatan validator melalui analisis statistika interater adalah: RPP sebesar 0,77, buku siswa sebesar 0,71, dan LKS sebesar 0,73. 2) perangkat yang dikembangkan telah memenuhi efektivitas proses pembelajaran, dimana: (a) Terdapat 87,5% siswa yang mengikuti tes kemampuan pemecahan masalah matematik memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematik > 70 ; (b) Persentase waktu ideal aktivitas aktif siswa selama kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan. (c) Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran cukup baik. (d) Terdapat 82,8% dari banyak subjek yang diteliti memberikan respon positif terhadap proses dan komponen bahan ajar yang dikembangkan. 3) terjadi peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada postes ujicoba I yaitu 72,8 meningkat menjadi 79.69 pada ujicoba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Yul p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25356 |