Hutagalung, Maudy Agustia (2017) KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT TOPIK DAN KALIMAT PENJELAS DALAM PARAGRAF OLEH SISWA KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311054 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM 2133311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM 2133311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4. NIM 2133311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 2133311054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 2133311054 TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 2133311054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 2133311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 2133311054 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 2133311054 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
15. NIM 2133311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menemukan kalimat topik dan kalimat penjelas dalam paragraf oleh siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun pembelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini berjumlah 26 orang, jumlah populasi sebanyak 102 orang siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh, nilai rata-rata kemampuan menemukan kalimat topik dan kalimat penjelas dalam paragraf oleh siswa adalah 32,27 tergolong dalam tingkat kemampuan sangat kurang dengan kategori sangat baik 0%, kategori baik 0%, kategori cukup 3,8%, kategori kurang 7,7%, dan kategori sangat kurang 88,5%. Dalam kemampuan menemukan kalimat topik dalam paragraf, yang menjadi indikator dengan nilai rata-rata kelas tertinggi adalah kemampuan menemukan kalimat topik di awal paragraf/deduktif, yaitu 69,23 dengan tingkat kemampuan cukup dan indikator terendah adalah kemampuan menemukan kalimat topik di akhir paragraf/induktif, yaitu 13,46 dengan tingkat kemampuan sangat kurang. Sedangkan dalam kemampuan menemukan kalimat penjelas dalam paragraf, yang menjadi indikator dengan nilai rata-rata kelas tertinggi adalah kemampuan menemukan kalimat penjelas dalam paragraf deduktif, yaitu 30,60 dengan tingkat kemampuan sangat kurang dan indikator terendah adalah kemampuan menemukan kalimat penjelas dalam paragraf ineratif, yaitu 19,55 dengan tingkat kemampuan sangat kurang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menemukan kalimat topik dan kalimat penjelas dalam paragraf oleh siswa kelas X SMA Al–Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 masih sangat kurang dan memerlukan peningkatan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 086 |
Keywords: | KALIMAT TOPIK; KALIMAT PENJELAS; PARAGRAF |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25329 |