Hasibuan, Medisya Ulfa Sari (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 4133131032 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
NIM. 4133131032 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 06 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 07 TABEL LIST.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 08 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM. 4133131032 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation menggunakan media Windows Movie Maker dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media Windows Movie Maker pada materi larutan penyangga di kelas XI SMK Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017 sebanyak 6 kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t atau pendekatan Independet Sampel T Test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar kimia siswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran group investigation menggunakan media windows movie maker pada materi larutan penyangga diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,12 dengan standar deviasi sebesar 6,095; (2) hasil belajar kimia siswa setelah diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media windows movie maker pada materi larutan penyangga diperoleh rata-rata nilai sebesar 78,38 dengan standar deviasi sebesar 5,644; dan (3) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan model pembelajaran group investigation menggunakan media windows movie maker dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media windows movie maker pada materi larutan penyangga di kelas XI SMK Negeri 3 Medan T.P. 2016/2017 dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,554 > 2,00 dan nilai sig (probabilitas) 0,013 < 0,05. Hasil belajar kelompok siswa yang diajarkan model pembelajaran group investigation menggunakan media windows movie maker lebih tinggi sebesar 4,8% dibandingkan hasil belajar kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media windows movie maker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 102 |
Keywords: | inkuiri terbimbing, windows movie maker, hasil belajar, larutan penyangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:32 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25308 |