Hutagalung, Desy Clara sari (2017) PENGARUH PEMANFAATAN E-BOOK (ELECTRONIC BOOK) SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133111013 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 3133111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. NIM. 3133111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM. 3133111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM. 3133111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 3133111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 3133111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3133111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3133111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM. 3133111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 3133111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan E-book ( Electronic Book) Sebagai Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 164 orang siswa. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari 164 siswa yaitu 41 siswa, yang diambil dengan cara cluster sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,448 dengan N=41, sementara nilai rtabel menunjukan pada angka 0,308. Dengan demikian rhitung> rtabel atau 0,448 > 0,308, pada taraf signifikan 5%. Sementara untuk menguji keberartian korelasi apakah signifikan maka harus dicari uji “t” dengan hasil yang diperoleh adalah thitung=3,408dengan harga ttabel 2,022. Dengan demikian thitung > ttabel atau 3,408 > 2,022 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 (41-2) = 39. Dengan demikian hipotesis (Ha) dapat diterima, dengan penafsiran bahwa terdapat pengaruh yang sedang antara pemanfaatan e-book sebagai sumber belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sedang antara pemanfaatan e-book sebagai sumber belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI MIA SMAN 9 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 071 |
Keywords: | Pemanfaatan Ebook, Sumber Belajar, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:30 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25297 |