Manurung, Josua Irwan (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331055 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 4133331055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM. 4133331055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4133331055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 4133331055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4133331055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4133331055 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4133331055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4133331055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 4133331055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dengan model discovery learning menggunakan media virtual lab dan real lab, perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, interaksi antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa, korelasi antara motivasi dan hasil belajar dan korelasi antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Sultan Iskandar Muda Medan, dengan total sampel 80 orang. Instrumen penelitian terdiri atas tes dan angket yang terstandarisasi. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan teknik analisis data : (1) uji t-Pihak kanan (Paired Sample T-Test); (2) Uji t-dua pihak (Independent sample T-test); (3) uji anova dua jalur (GLM-Univariate); (4) Uji Korelasi Product moment (Correlate-bivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model discovery learning menggunakan media virtual lab dan real lab; (2) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menerapkan model discovery learning menggunakan media virtual lab dan real lab; (3) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (4) terdapat interaksi antara model discovery learning dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap motivasi dan hasil belajar siswa; (5) terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning menggunakan media virtual lab maupaun menggunakan media real lab. (6) terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning menggunakan media virtual lab maupun menggunakan media real lab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 121 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING, VIRTUAL LAB, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA, MOTIVASI BELAJAR SISWA, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25269 |