PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMA

Siregar, Jonter (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4132131013 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4132131013 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4132131013 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4132131013 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 4132131013 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4132131013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4132131013 PREPACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4132131013 PREPACE.pdf.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4132131013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4132131013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4132131013 ILUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4132131013 ILUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4132131013 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4132131013 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4132131013 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4132131013 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4132131013 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4132131013 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4132131013 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4132131013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Pengembangan penelitian bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks bertujuan untuk 1) memperoleh bahan ajar yang disusun pada materi reaksi redoks yang sudah memenuhi standar kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan menurut BSNP, 2) mengetahui tanggapan dari dosen dan guru terhadap bahan ajar modul berbasis masalah, dan 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap bahan ajar modul berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi lima tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar modul berdasarkan penilaian BSNP, (4) revisi bahan ajar, (5) dan penilaian bahan ajar modul kepada siswa. Penelitian ini melibatkan 2 dosen dari jurusan kimia UNIMED, dan 2 guru dari SMA Negeri 14 Medan sebagai validator ahli, serta 12 siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 14 Medan sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan berdasarkan BSNP dan angket tanggapan siswa. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks sudah memenuhi standar kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan yang merujuk standar BSNP dengan nilai rata-rata kelayakan isi sebesar 3,58; kelayakan bahasa sebesar 3,56; kelayakan penyajian 3,65; dan kelayakan kegrafikan 3,72, 2) para dosen dan guru kimia memberi tanggapan positif terhadap bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks yang disusun, 3) para siswa memberi tangggapan sangat baik terhadap bahan ajar modul yang disusun dengan perolehan skor rata-rata angket sebesar 3,45.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 124
Keywords: bahan ajar modul;pembelajaran berbasis masalah;reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:01
Last Modified: 04 Aug 2017 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25262

Actions (login required)

View Item
View Item