Siregar, Jonter (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI REAKSI REDOKS DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132131013 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4132131013 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 4132131013 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4132131013 PREPACE.pdf.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM. 4132131013 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 4132131013 ILUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4132131013 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4132131013 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 4132131013 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM. 4132131013 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Pengembangan penelitian bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks bertujuan untuk 1) memperoleh bahan ajar yang disusun pada materi reaksi redoks yang sudah memenuhi standar kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan menurut BSNP, 2) mengetahui tanggapan dari dosen dan guru terhadap bahan ajar modul berbasis masalah, dan 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap bahan ajar modul berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi lima tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar modul berdasarkan penilaian BSNP, (4) revisi bahan ajar, (5) dan penilaian bahan ajar modul kepada siswa. Penelitian ini melibatkan 2 dosen dari jurusan kimia UNIMED, dan 2 guru dari SMA Negeri 14 Medan sebagai validator ahli, serta 12 siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 14 Medan sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan berdasarkan BSNP dan angket tanggapan siswa. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks sudah memenuhi standar kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan yang merujuk standar BSNP dengan nilai rata-rata kelayakan isi sebesar 3,58; kelayakan bahasa sebesar 3,56; kelayakan penyajian 3,65; dan kelayakan kegrafikan 3,72, 2) para dosen dan guru kimia memberi tanggapan positif terhadap bahan ajar modul berbasis masalah pada materi reaksi redoks yang disusun, 3) para siswa memberi tangggapan sangat baik terhadap bahan ajar modul yang disusun dengan perolehan skor rata-rata angket sebesar 3,45.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 124 |
Keywords: | bahan ajar modul;pembelajaran berbasis masalah;reaksi redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25262 |