Lumbantobing, Epra Mei (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA SWASTA METHODIST 7 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 713334203 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 713334203 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. NIM 713334203 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4. NIM 713334203 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM 713334203 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
6. NIM 713334203 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 713334203 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 713334203 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 713334203 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM 713334203 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM 713334203 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan T.P 2016/2017
melalui model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan
Scientific.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist 7 Medan pada
semester genap T.P 2016-2017 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS 2 yang
berjumlah 22 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis ini adalah data
kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan hasil belajar siswa,
yaitu dari 22 siswa hanya 13 siswa (59,09%) yang tuntas belajar pada siklus I
dengan nilai rata-rata 75,91 menjadi 19 siswa (86,36%) pada siklus II dengan nilai
rata-rata 83,56. Berarti ada peningkatan persentasi hasil belajar dari post test
siklus I ke post test siklus II sebesar 27,27% dengan peningkatan nilai rata-rata
sebesar 7,65. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 80% siswa
memperoleh nilai ≥ 75.
Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran
Creative Problem Solving dengan pendekatan Scientific pada kompetensi dasar
menganalisis siklus akuntansi perusahaan jasa dan mempraktikkan siklus
akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS 2 SMA Swasta Methodist 7 Medan T.P
2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada materi pokok
pencatatan transaksi / bukti transaksi ke dalam jurnal umum. Hal ini berarti bahwa
model pembelajaran Creative Problem Solving dengan pendekatan Scientific
dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 116 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Scientific |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 15:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25261 |