Gultom, Deselvia M C (2017) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA SMA N 20 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131014 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4131131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 4131131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4131131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4131131014 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4131131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4131131014 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4131131014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4131131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM. 4131131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4131131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konseptual dan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal hitungan (algoritmik) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMA N 20 Medan pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan suatu penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MS SMA Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas. Banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI MS 3 yang berjumlah 27 orang siswa dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pemahaman siswa diukur melalui 20 nomor tes pilihan ganda beralasan yang terdiri dari 10 nomor soal konseptual dan 10 nomor soal algoritmik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum diujikan kepada sampel. Data hasil tes yang diperoleh dari siswa dianalisis untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman konseptual siswa kelas XI MS 3 SMA N 20 Medan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan termasuk dalam kategori tingkat pemahaman yang sangat rendah dengan persentase sebesar 34,25%. (2) Tingkat pemahaman algoritmik siswa kelas XI MS 3 SMA N 20 Medan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan termasuk dalam kategori tingkat pemahaman yang sangat rendah dengan persentase sebesar 4,90%. Artinya tingkat pemahaman konseptual maupun algoritmik siswa kelas XI MS 3 SMA N 20 masih sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 162 |
Keywords: | Pemahaman Konseptual; Pemahaman Algoritmik; Kelarutan; Hasil Kali Kelarutan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2017 10:12 |
Last Modified: | 04 Aug 2017 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25227 |