Tampubolon, Rivai Benget (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311198 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM. 6103311198 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
3. NIM. 6103311198 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 6103311198 PREFACE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM. 6103311198 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
6. NIM. 6103311198 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 6103311198 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM. 6103311198 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
9. NIM. 6103311198 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 6103311198 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 6103311198 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lari passing bawah bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Sumbul Kabupaten Dairi Tahun ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi
pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul
Kabupaten Dairi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka
dilakukan tes awal hasil belajar dan tes hasil belajar setelah dilakukan
pembelajaran melalui variasi pembelajaran yang dilakukan. Tes Hasil
Belajar yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing bawah bola voli.
Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : Sebagian
siswa masih kaku saat melakuakn passing bawah bola voli. Sebagian siswa
masih tidak meluruskan tangan saat melakukan passing bawah bola voli.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes awal
hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran melalui variasi pembelajaran
passing bawah bola voli diperoleh 10 siswa (33,3%) yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (66,7%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 56,7. (2) dari tes siklus I
hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran melalui variasi pembelajaran
passing bawah bola voli diperoleh 23 siswa (76,67%) yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 7 siswa (23,33%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 75,56. (3) berdaarkan hasil
refleksi pada siklus I maka peneliti merencanakan tindakan ke siklus II, tes
hasil belajar pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 26 orang
dengan persentase 86,67% dan yang belum tuntas 4 orang siswa dengan
persentase 13,33%. Dengan nilai rata-rata siswa keseluruhan adalah adalah
78,06, dengan persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaiut 86,67% dan
dinyatakan lulus.
Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan
variasi pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil
belajar passing bawah bola voli dan telah mencapai kriteria ketuntasan
minimal pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumbul tahun ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 096 |
Keywords: | Jasmani; Bola Voli |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:11 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25205 |