Racmayati, Taniya (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMANT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133331001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4133220005 LEMBAR PENGESAHAN ok.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 4133331001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 4133331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. NIM. 4133331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 4133331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 4133331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 4133331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. NIM. 4133331001 BAB 1.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
13. NIM. 4133331001 BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
aktivitas siswa serta hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yang
dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan yang terdiri dari total 8
(delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 3
kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar
siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,928).
Sedangkan data untuk aktivitas siswa diperoleh menggunakan data instrumen
yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa
pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) terintegrasi media Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), dan
Powerpoint, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 11,89 dengan Ftabel
= 1,113. Untuk media yang lebih baik adalah Kooperatif Tipe STAD terintegrasi
Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash >
Audio-Visual (Video) > Powerpoint dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 82,5 >
75,33 > 73,33. Implemetasi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD
terintegrasi media Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), dan Powerpoint
dapat menumbuh meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi kelarutan
dan hasil kali kelarutan, maka didapat hubungan antara aktivitas dengan hasil
belajar yakni model kooperatif tipe STAD terintegrasi Macromedia Flash =
15,2%, Audio-Visual (Video) = 14,22%, dan Powerpoint = 13,2%, sisanya
dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil
belajar kimia menggunakan model kooperatif tipe STAD terintegrasi media serta
adanya hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 136 |
Keywords: | Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), Powerpoint, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:05 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25196 |