Siregar, Dinar Bara (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JUMP SHOOT BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6131111027 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM. 6131111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 6131111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 6131111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5. NIM. 6131111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 6131111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6131111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6131111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6131111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
13. NIM. 6131111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 6131111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar jump
shoot bola basket melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VII SMP Negeri 1
Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa
38 orang, terdiri dari 8 orang siswa putra dan 30 orang siswa putri.
Berdasarkan tes awal hasil belajar keterampilan jump shoot bola basket 12
siswa telah tuntas (31,58%) dan 26 siswa tidak tuntas (68,42%) dengan nilai ratarata
klasikal 31,58%. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan
pembelajaran jump shoot bola basket melalui pendekatan saintifik, pada siklus I
kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (75).
Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran
meningkat menjadi sangat baik (92,50). Selanjutnya, sesuai hasil observasi
partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran jump shoot bola basket melalui
pendekatan saintifik, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
dalam kategori kurang (60). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam
kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (85). Kemudian untuk
memperoleh hasil belajar keterampilan jump shoot maka dilakukan tes hasil
belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil
belajar siklus I diperoleh 25 siswa (65,78 %) yang telah mencapai ketuntasan
belajar, sedangkan 13 siswa (34,22 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan
nilai rata-rata klasikal 65,78. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami
peningkatan hasil belajar yaitu 34 siswa (89,47 %) telah mencapai ketuntasan
belajar, sedangkan 4 siswa (10,52 %) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan
rata-rata nilai klasikal 89,47. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan
jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria
ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui
pendekatan saintifik dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan
hasil belajar jump shoot bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut
Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.
i
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 092 |
Keywords: | Bola Basket; Pendekatan saintifik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25194 |