MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PROGRAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI KASUS: SMA ST. PETRUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017)

Sianturi, Emma Asih (2017) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PROGRAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI KASUS: SMA ST. PETRUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 3131111008 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 3131111008 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 3131111008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 3131111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 3131111008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 3131111008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 3131111008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 3131111008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 3131111008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 3131111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 3131111008 TABLE.pdf]
Preview
Text
06. NIM 3131111008 TABLE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 3131111008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 3131111008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 3131111008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 3131111008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3131111008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3131111008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3131111008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3131111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dijadikan sebagai wahana program
pendidikan multikultural di Kelas XI SMA St. Petrus Medan. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu
suatu cara atau metode yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau
individu. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data
yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara.
Populasi dalam penelitiaan ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA St. Petrus
Medan yang berjumlah 114 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini
yaitu Kelas XI IPS-1 yang berjumlah 38 orang siswa yang diambil menggunakan
cara purposive sampling, karena sesuai dengan materi mata pelajaran PPKn di
kelas XI IPS-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disekolah SMA St. Petrus
Medan, mata pelajaran PPKn di Kelas XI dapat dijadikan sebagai wahana
program pendidikan multikultural bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam materi
pelajaran PPKn di kelas XI terdapat terdapat tiga topik pembelajaran berbasis
multikultural yang difokuskan pada perbedaan kelompok budaya dengan
menetapkan beberapa pokok pembahasan tentang integrasi sosial, masyarakat
multikultural dan permasalahannya, serta perkembangan kelompok pada
masyarakat multikultural. Melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn dapat
menjadikan siswa menjadi warga negara yang memiliki karakter yang baik, warga
negara yang mampu bertanggung jawab, dan warga negara yang mengerti akan
hak dan kewajibannya. Selain itu melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn,
dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, sikap demokratis siswa, dan sikap
toleransi siswa sehingga mampu untuk hidup rukun dan harmonis, saling
menyayangi dan menghormati setiap perbedaan sosial dilingkungannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 074
Keywords: Pendidikan, PPKn, Pendidikan Multikultural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:00
Last Modified: 03 Aug 2017 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item
View Item