Sianturi, Emma Asih (2017) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA PROGRAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (STUDI KASUS: SMA ST. PETRUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 3131111008 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
02. NIM 3131111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
03. NIM 3131111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. NIM 3131111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
05. NIM 3131111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
06. NIM 3131111008 TABLE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
07. NIM 3131111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. NIM 3131111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
12. NIM 3131111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM 3131111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Mata Pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dijadikan sebagai wahana program
pendidikan multikultural di Kelas XI SMA St. Petrus Medan. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu
suatu cara atau metode yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau
individu. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data
yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan wawancara.
Populasi dalam penelitiaan ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA St. Petrus
Medan yang berjumlah 114 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini
yaitu Kelas XI IPS-1 yang berjumlah 38 orang siswa yang diambil menggunakan
cara purposive sampling, karena sesuai dengan materi mata pelajaran PPKn di
kelas XI IPS-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disekolah SMA St. Petrus
Medan, mata pelajaran PPKn di Kelas XI dapat dijadikan sebagai wahana
program pendidikan multikultural bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam materi
pelajaran PPKn di kelas XI terdapat terdapat tiga topik pembelajaran berbasis
multikultural yang difokuskan pada perbedaan kelompok budaya dengan
menetapkan beberapa pokok pembahasan tentang integrasi sosial, masyarakat
multikultural dan permasalahannya, serta perkembangan kelompok pada
masyarakat multikultural. Melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn dapat
menjadikan siswa menjadi warga negara yang memiliki karakter yang baik, warga
negara yang mampu bertanggung jawab, dan warga negara yang mengerti akan
hak dan kewajibannya. Selain itu melalui pembelajaran mata pelajaran PPKn,
dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, sikap demokratis siswa, dan sikap
toleransi siswa sehingga mampu untuk hidup rukun dan harmonis, saling
menyayangi dan menghormati setiap perbedaan sosial dilingkungannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 074 |
Keywords: | Pendidikan, PPKn, Pendidikan Multikultural |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 10:00 |
Last Modified: | 03 Aug 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25189 |