Pardede, Sanggam (2008) HUBUNGAN ANTARA PEMANFATAN INTERNET, SIKAP INOVATIF DAN FREKUENSI BELAJAR SECARA MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA SMA NEGERI 12 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM 061188230042 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
NIM 061188230042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
NIM 061188230042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM 061188230042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM 061188230042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
NIM 061188230042 BAB I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
NIM 061188230042 BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
NIM 061188230042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) pemanfaatan internet terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi, (2) sikap inovatif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (3) frekuensi belajar secara mandiri dengan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (4) pemanfaatan internet, sikap inovatif dan frekuensi belajar secara mandiri terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Medan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 124 orang. Sampel penelitian banyaknya 36 orang yang dipilih secara random.Data variabel dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor pemanfaatan internet (X1), skor sikap inovatif (X2)1 skor frekuensi belajar secara mandiri (X3) dan skor hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi (Y). Untuk memperoleh data tersebut digunakan instrumen nontest dengan teknik angket pemanfaatan internet, angket sikap inovatif dan angket frekuensi belajar secara mandiri, dan tes pilihan ganda hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi.Hasil analisis varians bahwa persamaan regresi Y atas X1, yaitu Y = -38,605 + 0,4946 X1, persamaan regresi Y atas X2 yaitu Y = -28,041 + 0,420 X2, danpersamaan regresi Y atas X3 yaitu Y = -3,7748 + 0,4022 X3 adalah linier dan berarti. Hasil analisis regresi linier ganda dan korelasi parsial diperoleh bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan internet, sikap inovatif dan frekuensi belajar secara mandiri terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini dilihat dan (1) persamaan regresi ganda Y = -31,008 + 0,330 X1 + 0,073 X2 + 0,115 X3 adalah linier dan berarti, (2) koefisien korelasi berpengaruh positif secara signifikan, (3) koefisien korelasi ganda Ty123 = 0,964 adalah signifikan dengan kontribusinya sebesar 92,92 %.Secara parsial ada hubungan positif yang signifikan pemanfatan internet terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi, sikap inovatif terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi dan frekuensi belajar secara mandiri terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini dapat dilihat dan (1) koefisien korelasi parsial ry1.23 = 0,678 adalah signifikan dengan kontribusinya 45,96 %, (2) koefisien korelasi parsial ry213 = 0,230 adalah signifikan dengan kontribusinya 5,29 %, (3) ry3.I2 = 0,322 adalah signifikan dengan kontribusinya 10,36 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Internet; Hasil Belajar; Teknologi Informasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2518 |