Namira, Fathia (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN MAKROMOLEKUL UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4133131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM 4133131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM 4133131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM 4133131017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 4133131017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 4133131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4133131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. NIM 4133131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM 4133131017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 4133131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada atau tidaknya nilai-nilai
Islami dalam pokok bahasan makromolekul pada buku kimia SMA; 2) kelayakan
modul yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP; 3) apakah hasil belajar
siswa menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami lebih besar dari
nilai KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development), melalui tahap analisis, tahap
rancangan, dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai dengan
mengidentifikasi apakah terdapat nilai-nilai Islami dalam buku kimia SMA/MA.
Selanjutnya tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai
Islami. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia
dengan instrumen angket BSNP oleh 3 orang dosen Kimia Unimed dan 3 orang
guru kimia dan mendapatkan skor rata-rata 3,26. Uji coba terbatas dilakukan
terhadap siswa kelas XI SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Populasi yaitu seluruh
siswa kelas XI IPA. Sampel ditetapkan dengan random sampling dengan
mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan
pretest-postest satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Hasil
penelitian menunjukkan: 1) tidak ditemukan nilai-nilai Islami pada buku kimia
SMA/MA yang dipakai di sekolah; 2) modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami
yang dikembangkan memenuhi standar BSNP, data yang diperoleh yaitu
kelayakan isi = 3,16; kelayakan bahasa = 3,31; kelayakan penyajian = 3,21;
kelayakan kegrafikaan = 3,34 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) hasil
belajar siswa menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami lebih besar
dari harga KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 156 |
Keywords: | RESEARCH and DEVELOPMENT, MODUL, BSNP, NILAI-NILAI ISLAMI, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 09:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25153 |