INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Sigiro, Rugun Renpile Dameria (2017) INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 4133131055 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 TABLES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of NIM 4133131055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM 4133131055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Siantar, bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia materi hidrolisis garam. Penelitian ini diawali dengan menganalisis tiga buku pelajaran kimia kelas XI pada materi hidrolisis garam, yang meliputi satu buku kimia yang digunakan ditempat penelitian, dan dua buku lain. Setelah dianalisis, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual. Pengembangan yang dilakukan dengan melihat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing buku dan menambahkan aspek kontekstual di dalam bahan ajar yang dikembangkan. Setelah dikembangkan maka diberikan kepada tiga responden yang meliputi 2 dosen kimia FMIPA Unimed dan satu guru mata pelajaran kimia SMA Negeri 1 Siantar untuk menilai kevalidan dari bahan ajar. Pengembangan bahan ajar didasarkan pada standar BSNP, dengan hasil kelayakan isi 3,73, kelayakan bahasa 3,80, kelayakan penyajian 3,74, kelayakan kegrafikan 3,67 dan aspek kontekstual 3,50 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi sehingga bahan ajar dapat diimplementasikan. Bahan ajar tersebut diimplementasikan kepada siswa. Dengan populasi kelas XI-IA ada lima kelas dengan jumlah siswa 163 orang. Satu kelas sebagai sampel penelitian adalah kelas XI-IA3 yang dipilih dengan teknik sampling random sederhan. Sebelum dilakukan penelitian , uji instrument tes dilakukan terlebih dahulu sehingga diperoleh 13 soal yang valid. Soal yang valid diujikan ke siswa didapat nilai rata-rata pretes adalah 34,89 dan nilai rata-rata postes adalah 84,34. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu 74,43%. Hasil uji hipotesis dengan uji t pihak kanan, dengan ketentuan data tabel t dengan α adalah 0,05 dan db= n-1, db = 28-1=27 yaitu 1,703 dan thitung 6,808 . Maka thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Maka berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Siantar pembelajaran dengan bahan ajar hidrolisis garam berbasis kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 149
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Kontekstual; Hasil belajar; Hidrolisis garam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2017 11:24
Last Modified: 03 Aug 2017 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item
View Item