Aruan, Yolani Imelda (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133341108 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM 7133341108 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 7133341108 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM 7133341108 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 7133341108 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
6. NIM 7133341108 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 7133341108 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 7133341108 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM 7133341108 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
13. NIM 7133341108 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 7133341108 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dan mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Dharma Pancasila Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 65 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampel dengan total 65 orang. Instrumen pengumpulan data ialah angket/kuesioner dengan skala likert yang masing-masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2) serta uji hipotesis yang terdiri dari uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20.0. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 25,411 + 0,267 X1 + 0,322 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3,029 dengan taraf signifikan 0,004 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung=2,978 dengan taraf signifikan α 0,004 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 13,582 dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Hasil uji determinasi dari R2 adalah sebesar 0,305. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 105 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Pergaulan Teman Sebaya; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 11:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25128 |