Sibarani, Ryandi Leo Pranata (2017) PENGARUH MEDIA BAGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2123111071 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2 NIM 2123111071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
3 NIM 2123111071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4 NIM 2123111071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5 NIM 2123111071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6 NIM 2123111071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7 NIM 2123111071 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8 NIM 2123111071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9 NIM 2123111071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13 NIM 2123111071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14 NIM 2123111071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bagan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan sebanyak 234 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, dengan asumsi bahwa semua kelas bersifat homogen sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas X MIA-1 sebanyak 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 65,92, standar deviasi 8,26, dan standar error 1,35 sedangkan nilai rata-rata post test adalah 80,13, standar deviasi 7,02, dan standar error 1,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis teks prosedur kompleks setelah menggunakan media bagan lebih tinggi dari pada nilai sebelum menggunakan media bagan. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan t0 dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 38 – 1 = 37 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,69. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,02 > 1,69, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Media Bagan berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan tahun pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 096 |
Keywords: | pengaruh; media bagan; menulis; teks prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 10:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25100 |