Tampubolon, Citra Mestika (2017) ANALISIS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF (SAINS PERMULAAN) ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERATAI KECAMATAN MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
03. ABSTRAK CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. DAFTAR ISI CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. BAB I CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. BAB V CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA CITRA MESTIKA TAMPUBOLON.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah adalah masih rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman guru dalam mengembangkan kognitif anak terutama dalam bidang sains permulaan masih terbilang rendah serta pembelajarannya masih bersifat pada guru saja. Dan anak yang masih kurang optimal pengembangan kemampuan kognitif(sains permulaannya). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan kognitif (sains permulaan) anak kelompok B di PAUD TERATAI Kecamatan Medan Helvetia pada Semester Genap T.A 2016/207. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 10 orang anak yang bersekolah di PAUD TERATAI Kecamatan Medan Helvetia. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengembangan kemampuan kognitif (sains permulaan) anak . Data ini diperoleh dengan menggunakan observasi dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis interaktif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan) dengan menggunakan Rumus x=(∑▒xi)/n untuk mengetahui rata-rata skor yang diperoleh anak yang diturunkan dari pencarian interval terlebih dahulu. Berdasarkan Hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada anak kelompok B dengan rata-rata 2 dimana skor tertinggi 2,8 dan skor terendah 1,7. Dua orang anak mendapatkan skor Tinggi dengan 20%, Tujuh orang anak mendapat skor Sedang dengan 70% dan Satu anak lagi mendapat skor Rendah dengan 10%.Sehingga dapat dikatakan pengembangan kemampuan kognitif(sains permulaan) anak masih dikategorikan sedang. Jika dilihat dari indikator kemampuan sains permulaan anak dari segi mampu mengeksplor berbagai benda disekitar masih banyak anak yang kurang untuk memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan kognitif (sains permulaan) anak kelompok B di PAUD TERATAI Kecamatan Medan Helvetia T.A 2016/2017 masih dikategorikan Sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 039 |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Sains; Kualitas guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:38 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25098 |