Syaira, Istari (2017) MENINGKATKAN KEMAMPPUAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311088_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 1133311088_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM. 1133311088_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 1133311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1133311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1133311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1133311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 1133311088_BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM. 1133311088_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1133311088_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pokok memerankan tokoh drama melalui sebuah dialog percakapan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode sosiodrama melalui pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 104214 Deli Tua
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14214 Deli Tua. dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VB SD Negeri 104214 Deli Tua yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama pokok bahasan memerankan tokoh drama melalui dialog percakapan dengan menggunakan metode sosiodrama, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi kemampuan awal peneliti bersama guru kelas 38 orang dari 26 orang siswa terdapat 5 siswa yang mampu berbicara dengan persentase (13,1%) dan 33 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase (86,9%), dengan nilai rata-rata kelas 23,68. Kemudian pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan metode sosiodrama, terdapat 9 siswa yang mampu berbicara dengan persentase (23,6%) dan 29 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase (76,4%), dengan nilai rata-rata kelas 55,55. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II terdapat 14 siswa yang mampu berbicara dengan persentase (36,9%) dan 24 siswa yang belum mampu berbicara dengan persentase (63,1%), dengan nilai rata-rata kelas 63,26. Kemudian pada siklus II pertemuan I, terdapat 26 siswa yang terampil berbicara dengan persentase (68,4%) dan 12 siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase (31,6%), dengan nilai rata-rata kelas 74,55. Selanjutnya pada siklus II pertemuan II 38 siswa sudah mampu berbicara dengan persentase 100% dengan rata-rata nilai kelas 83,36. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan kemampuan berbicara dengan nilai rata-rata kelas meningkat 27,81 dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok memerankan tokoh drama melalui dialog percakapan di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 182 |
Keywords: | Kemampuan Berbicara; Sosiodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25087 |