Kartika, Ela Aulia (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE DI KELAS V SD NEGERI 101800 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
03. ABSTRAK ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. DAFTAR TABEL ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. DAFTAR GRAFIK ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. BAB I ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
14. BAB V ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA ELA AULIA KARTIKA (NIM. 1133311100).pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran menyimak cerpen, kurangnya konsentrasi siswa dalam menyimak cerpen, siswa merasa bosan dalam menyimak cerpen, rendahnya kemampuan siswa dalam menentukan unsur instrinsik cerpen, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak cerita pendek di kelas V semester II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak cerita pendek di kelas V semester II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart dengan teknik analisis data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101800 Delitua yang berjumlah 31 siswa yaitu 19 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menyimak cerita pendek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh hasil tes menyimak cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside-Circle siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa (9,68%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 28 siswa (90,32%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 51,87. Setelah itu pada siklus II diperoleh hasil tes menyimak cerita pendek siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa (83,87%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (16,13%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 77,38. Selanjutnya hasil observasi pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa (12,90%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 27 siswa (87,10%). Kemudian hasil observasi pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (93,55%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (6,45%). Ini menunjukkan hasil tes dan hasil observasi menyimak cerita pendek pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai nilai ketuntasan yang diharapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside-Circledapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita pendek di kelas V SD Negeri 101800 Delitua T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 179 |
Keywords: | Kemampuan Menyimak; Cerita Pendek; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:36 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25085 |