Larasati, Novi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan dan Pernyataan tidak plagiat.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. ABSTRAK B.Indonesia dan B.Inggris.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa usia SD dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi IPA berada pada kualifikasi sangat sesuai (95,08 %), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat sesuai (93,96 %), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat sesuai (86,70 %), uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat sesuai (91,43 %), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat sesuai (93,63 %), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat sesuai (97.96%). Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran poster.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Lar p |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran IPA; Pembelajaran kooperatif; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 10:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25074 |