Guswari, Ika (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI BAGIAN-BAGIAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 1 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
3. ABSTRACT B.INGGRIS, B.IDONESIA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. Bab I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Desain Busana Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran.
Penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, Tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan (I) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak (86,68%), (2) uji ahli desain instruksional berada pada kualifikasi sangat layak (82,87%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak (81,03%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (86,13%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (87,40%), dan uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat layak (93,28%). Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Hasil pengujian menggunakan uji t satu pihak, diperoleh harga thitung = 5,983 dan ttabel = 1,67. Jika dibandingkan maka thitung>ttabel atau 5,983>1,67 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis multimedia dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar berbasis multimedia. Disimpulkan efektivitas penggunaan bahab ajar berbasis multimedia sebesar 85,78% sedangkan tanpa menggunakan bahan ajar sebesar 77,78%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.54 Gus p |
Keywords: | Bahan ajar; Multimedia pembelajaran; Hasil belajar; Busana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 09:33 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25069 |