PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI BAGIAN-BAGIAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 1 KISARAN

Guswari, Ika (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI BAGIAN-BAGIAN BUSANA SISWA SMK NEGERI 1 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRACT B.INGGRIS, B.IDONESIA.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRACT B.INGGRIS, B.IDONESIA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. Bab I.pdf]
Preview
Text
9. Bab I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 13. Bab V.pdf]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Desain Busana Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran.
Penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, Tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan (I) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak (86,68%), (2) uji ahli desain instruksional berada pada kualifikasi sangat layak (82,87%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak (81,03%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (86,13%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (87,40%), dan uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat layak (93,28%). Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Hasil pengujian menggunakan uji t satu pihak, diperoleh harga thitung = 5,983 dan ttabel = 1,67. Jika dibandingkan maka thitung>ttabel atau 5,983>1,67 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis multimedia dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar berbasis multimedia. Disimpulkan efektivitas penggunaan bahab ajar berbasis multimedia sebesar 85,78% sedangkan tanpa menggunakan bahan ajar sebesar 77,78%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.54 Gus p
Keywords: Bahan ajar; Multimedia pembelajaran; Hasil belajar; Busana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2017 09:33
Last Modified: 07 Aug 2017 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item
View Item