Ningsih, Ardianti Surya (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
02 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
03 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
04 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
06 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14 NIM 1102113003 ARDIANTI SURYA NINGSIH - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun masih kurang berkembang khususnya dalam mewarnai dan menempel gambar. Oleh karena itu perlu menggunakan metode yang tepat, salah satunya metode demontrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demontrasi terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Paud Harapan KitaT.A 2016/2017. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-post test control grup design. Penelitian ini melibatkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 62 anak, yang terdiri dari 31 anak di kelas eksperimen dan 31 anak di kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 14,16 dengan nilai tertinggi 16 dan nilai terendah 11, sehingga perkembangan motorik halus anak pada kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol yang mempunyai nilai rata-rata 11,19 dengan nilai tertinggi 13 dan nilai terendah 11. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode demontrasi berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,427 > 1,6749 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan : Ada Pengaruh Yang Signifikan Dari Metode Demontrasi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Harapan Kita Tahun Ajaran 2017/2018.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode demontrasi mampu memberikan peningkatan terhadap perkembangan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 070 |
Keywords: | Penerapan Metode Demonstrasi; Kemampuan Motorik Halus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25016 |